Senin, 16 Maret 2020

LIMA AKTIVITAS DI RUMAH BERSAMA ANAK


Isu virus corona ( covid-19 ) kian merebak di skala internasional, tidak terkecuali Indonesia. Dengan semakin bertambahnya korban yang terinfeksi virus, sehingga memunculkan kebijakan dari beberapa daerah termasuk kebijakan dari Jakarta sendiri, yakni mengurangi aktivitas yang mengumpulkan banyak orang. Dari mulai menutup tempat hiburan di Ibukota, menunda beberapa agenda dengan perkumpulan orang, membatasi transportasi umum, sampai menutup semua sekolah di lingkungan Provinsi DKI Jakarta dan menggantinya dengan proses belajar mengajar jarak jauh.
Proses belajar mengajar tersebut sejatinya harus ada di rumah walau tanpa kekhawatiran akan penyebaran virus, karena orang tua adalah faktor utama dalam menentukan berhasil atau tidaknya anak dalam belajar. Sedangkan sekolah hanya sebagai wadah untuk membantu dalam meningkatkan mutu pembelajaran.
Berikut lima akivitas tambahan belajar yang dapat orang tua lakukan sebagai upaya mengoptimalkan kegiatan belajar bersama anak di rumah :


PERTAMA, MEMASAK BERSAMA ANAK

gambar : google

Anak bisa dilibatkan belajar langsung ketika orang tua memasak di dapur, misalkan anak membantu memotong sayur dengan intruksi hati-hati serta pengawasan langsung oleh orang tua. Membuat menu makanan sehat ataupun resep baru, sehingga secara tidak langsung akan menanamkan jiwa kemandirian kepada anak.



KEDUA, BERDISKUSI DENGAN ISI BUKU BACAAN
gambar : google
Kemampuan literasi anak akan terasah jika sejak dini anak di perkenalkan aktif dengan buku-buku bacaan yang bermanfaat, salah satu hal yang dapat dilakukan oleh orang tua dan anak ketika libur sekolah adalah mendiskusikan dari isi buku bacaan yang sudah di jadwalkan bersama dengan anak.

KETIGA, MEMBUAT KREATIVITAS DENGAN BARANG BEKAS
gambar : google
Kegiatan selanjutnya yang bisa dilakukan tanpa bepergian adalah membuat mainan atau kreativitas dengan anak melalui barang bekas. Botol air minum bekas dan beberapa tutupnya bisa dijadikan mainan mobil, kardus bekas bisa dijadikan sebagai peraga bermain peran dan kreativitas lainnya yang dapat di akses bersama melalui internet.

KEEMPAT, MENONTON FILM BERSAMA
gambar : google
Di waktu tertentu orang tua dapat sesekali menonton acara film anak-anak melalui televisi, handphone atau laptop yang dapat di akses dari rumah. Kemudian di akhir film orang tua dapat mendiskusikan langsung dengan anak pesan moral yang dapat di ambil dari film tersebut.

KELIMA, BERMAIN PERAN
gambar : google
Anak-anak terkhusus anak usia dini sangat menyukai kegiatan bermain peran, karena hal tersebut adalah salah satu tahap dari perkembangan imajinasi mereka. Anak-anak dapat bermain bersama orang tua tanpa harus keluar dari rumah, misalkan bermain mobil bersama, bermain boneka bersama, bermain sekolah-sekolahan, dll.
Hal diatas merupakan beberapa kegiatan tambahan ( selain pembelajaran jarak jauh yang diberikan oleh sekolah ) yang bisa dilakukan oleh orang tua tanpa harus keluar dari rumah, sehingga anak-anak akan tetap merasa gembira tanpa harus bepergian.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar