Kamis, 26 Maret 2020

5 AKTIVITAS BERMANFAAT DAN MENGHASILKAN #dirumahaja

Berbagai upaya pemerintah dalam memutus mata rantai penularan virus covid-19 dengan banyak hal, terutama menggerakan aktivitas WFH ( Work From Home ) bagi pekerja kantoran, meliburkan sekolah serta kampus, menjaga jarak  antar individu ( social distrancing ) dan menggerakan program di rumah aja atau melarang bepergian keluar rumah jika tidak punya kepentingan yang mendesak, misalnya : belanja bahan makanan untuk stok satu minggu.
Tentu saja ada sisi negatif dan sisi positif dari kegiatan tersebut. Sisi negatif berupa rasa jenuh sebagian orang yang sehari-harinya terbiasa melakukan aktivitas di luar rumah, sedangkan sisi positifnya adalah lebih memaksimalkan diri berkumpul bersama keluarga.
Selain aktivitas berkumpul bersama keluarga, masih banyak aktivitas lain yang tidak kalah bermanfaat dan menghasilkan lewat program #dirumahaja. Diantaranya :

1. Menulis
Sejak digalangkannya program di rumah aja banyak komunitas atau lembaga yang mengadakan lomba menulis, dari mulai gratis sampai berbayar tentu saja dengan banyak hadiah yang beragam. Nah, hal ini bisa menjadi peluang untuk menantang diri dalam mengikuti challange yang diselenggarakan. Tidak menang tidak masalah, asalkan sudah berusaha mencoba “If you don’t do anything, never ever change”. Jika ternyata menang alhamdulillah.

2. Mengikuti Workshop / Seminar Online
Selain menulis, hal lain yang tidak kalah bermanfaat adalah mengikuti workshop atau senimar online. Hal positif yang di dapat dari mengikuti kegiatan tersebut, selain ilmu adalah menambah jaringan relasi atau menambah silaturrahim.
Berdasarkan hadits Nabi Muhammad Shalallahu ‘alaihi wa sallam : “Barangsiapa diluaskan rejekinya dan ditangguhkan kematiannya, hendaklah ia menyambung tali silaturrahim” (HR. Bukhari dan Muslim)

3. Belajar Bisnis / Wirausaha
Hal yang tidak kalah bermanfaat terutama untuk investasi jangka panjang adalah berbisnis atau berwirausaha. Dengan mengumpulkan banyak referensi peluang bisnis serta mempelajari lebih dalam satu persatu, maka akan di dapatkan sebuah informasi yang lebih akurat dari bisnis tersebut, kelebihan serta kekurangannya. Dengan tujuan lebih matang lagi dan yakin ketika hendak membuka bisnis baru.

4. Mengembangkan Hobi
Banyak hobi yang bisa dikembangkan ketika di rumah aja, memasak dengan mencoba resep baru, menggambar, menulis, berkebun, membuat prakarya, fotografi makanan, design, senam di rumah ataupun kegiatan lain yang bermanfaat dan bisa kita kembangkan dengan maksimal.

5. Rebahan Beri Perubahan
Ternyata untuk moment sekarang rebahanpun menjadi aktivitas yang bermanfaat dan menghasilkan, dengan slogan baru “daripada santuy keluyuran mending rebahan”.
Karena jika seseorang menahan dirinya bepergian untuk hal yang tidak penting, justru akan mengurangi daftar pasien yang terkena covid-19. Sangat penting untuk perubahan Indonesia dalam menghilangkan rantai penyebaran virus tersebut.

Mari bersama-sama berikhtiar mensukseskan semua program pemerintah dengan tetap stay #dirumahaja. Perubahan bukan dari orang lain, melainkan dari diri pribadi.

#day4
#writefromhome
#nulisyukbatch49
#dirumahaja

1 komentar:

  1. halo kak, keep writing ya, coba beri sentuhan gambar biar makin ciamik blog post nya ya!

    BalasHapus