Senin, 07 Oktober 2019

HAMBATAN MENULIS

Hambatan Dalam Menulis

Oke, ini tugas pertama tentang hambatan dalam menulis. Untuk pribadi, jujur saja banyak sekali hambatan-hambatan tersebut.

Pertama, kemauan dalam hati. Ternyata memulaipun bukan hal yang mudah karena harus disertai dengan niat yang besar, terlebih istiqomah harus sangat besar tekad dan niat dalam hati. Jika sudah muncul sebuah niat, dan hendak memulai selanjutnya yakni ;

Kedua, apa yang harus ditulis?
Nah, inipun sangat bingung. Ternyata niat saja tidak cukup dalam memulai sesuatu tetapi harus ada gambaran rencana apa saja yang harus ditulis dan dituangkan ke dalam kertas.

Ketiga, Tingkat percaya diri.
katika sudah muncul niat, muncul konsep terbaik versi sendiri. Ketika hendak dibagikan melalui sosial media mulai muncul rasa tidak percaya diri, terlebih ketika melihat ada tulisan teman yang luar biasa keren.

Keempat, mengistiqomahkan untuk menulis.
Istiqomah adalah salah satu hal yang ternyata tidak mudah, dan jauh lebih sulit dibanding memulai menulis. Ketika ikut salah satu tantangan menulis 30 hari bertema diary, diawal merasa hal yang mudah akan tetapi ternyata sangat jauh dari bayangan. harus berkejaran dengan kegiatan yang sifatnya prioritas lain.

Kelima dan sekaligus terakhir adalah kurang mendukungnya faktor eksternal atau faktor dari luar.
salah satu hal tersebut adalah ketika laptop ngehang, charger rusak ataupun loading lama membuat mood menulis turun sangat drastis.
Jika ada yang punya solusi dan saran untuk mengatasi hambatan tersebut silakan boleh tulis di kolom komen.

Terima kasih...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar