Rabu, 18 Maret 2020

KREATIVITAS DI RUMAH ( Referensi Buku )



Sangat banyak kegiatan di rumah yang bisa orang tua lakukan dengan anak, yang bertujuan untuk membangun bonding ( kelekatan ) orang tua dengan anak dan juga untuk memaksimalkan aspek kecerdasan anak ketika di rumah.
Seiring berkembangnya kecanggihan zaman, semakin mudah pula orang tua mengakses segala macam kegiatan sebagai referensi belajar belajar anak di rumah. Diantaranya dengan mencari tahu lewat buku-buku bacaan ataupun berselancar di internet.
Berikut saya ambil contoh kegiatan belajar di rumah dengan anak dari salah satu referensi buku bacaan, yakni Rumah Main Anak 2 untuk anak usia 4-5 tahun karya dari Ibu Julia Sarah Rangkuti.

MENJEMUR BAJU

Dok. Pribadi
Kegiatan menjemur baju merupakan salah satu practical life skill yang dapat kita ajarkan kepada si kecil. Bunda dapat mengajak si kecil bermain peran dengan permainan berikut ini :

Alat dan bahan :
Jepitan baju
Mangkuk plastik kecil
Tali rafia
Kertas origami ( kertas warna )
Gunting.

Cara pembuatan :
Rentangkan tali rafia setinggi dada si kecil hingga membentuk garis horizontal. Bunda dapat membuat pola baju di kertas origami warna warni. Kemudian, gunting dan jepitlah pada tali yang telah direntangkan.

Cara bermain :
Bunda dapat memberi pengantar mengenal kegiatan mencuci baju. Katakan kepada si kecil bahwa baju-baju yang telah dicuci perlu dijemur agar lekas kering. Setelah baju kering, perlu diangkat kembali untuk segera disetrika. Ajaklah si kecil untuk bermain drama mengangkat baju dari jemuran. Ceritakan kepadanya bahwa baju-baju tersebut sudah kering. Bunda dapat juga bercerita meskipun belum kering, saat hujan tiba baju-baju tersebut harus segera diangkat agar tidak basah kembali. Beri contoh kepada si kecil bagaimana ia harus mengangkat jemuran baju tersebut. Perhatikan tangan si kecil apakah ia sudah mampu menekan jepitan baju sampai terbuka hingga dapat melepaskan baju yang terjepit. Jikalau belum mampu, berilah semangat dan bantulah. Seiring bertambahnya usia dan stimulasi secara terus-menerus maka otot-otot jari si kecil akan semakin kuat menekan jepitan baju tersebut. Ajak pula si kecil untuk menyusunnya di sebuah mangkuk plastik kecil. Bunda dapat mengenalkan warna-warna jepitan tersebut kepada si kecil.

Manfaat aktivitas ini :
  1. Meningkatkan kekuatan otot jari tangan
  2. Mengembangkan fokus dan konsentrasi
  3.  Menstimulasi koordinasi mata dan tangan si kecil
  4. Meningkatkan rasa sabar untuk menyelesaikan masalah
  5. Memahami konsep kegiatan mencuci baju
  6. Pengenalan dan recall colour
  7. Menumbuhkan rasa empati pada kegiatan rumah tangga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar